Tips Keuangan Aman Saat Kredit Mobil Baru

Membeli mobil dengan cara kredit menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih orang sekarang ini. Ada cara agar bisa mencicil mobil dengan efektif dan juga menjaga keuangan tetap aman. Tentunya jika kamu tidak memiliki uang untuk membeli mobil secara tunai, pilihannya dengan kredit. Untuk bisa membeli mobil dengan kredit tapi juga tetap melindungi supaya keuangan tidak jebol, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

 

  1. Pilih mobil yang tepat

Pastikan mobil yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan kamu dan juga kondisi keuangan. Hindari membeli mobil hanya karena gengsi atau biar terlihat keren. Jika menuruti hal itu nantinya kamu jadi kesulitan dalam membayar cicilan kreditnya.

 

  1. Cek harga pasaran mobil

Jika sudah memiliki tipe dan brand mobil yang ingin dibeli, selanjutnya cari tahu harga pasaran mobil tersebut. Caranya dengan mengunjungi dealer mobil, melalui lewat situs resmi pabrikan, atau melalui perusahaan pembiayaan. Pada situs leasing biasanya akan ditemukan cara menghitung simulasi berapa besaran uang muka beserta cicilan per bulan dengan tenor yang kamu pilih.

 

  1. Tentukan perusahaan pembiayaan

Membeli secara kredit tentu membutuhkan bantuan perusahaan pembiayaan atau leasing. Kamu perlu memilih dengan tepat perusahaan pembiayaan apa yang akan digunakan. Cari tahu nilai cicilan mobil baru yang ditawarkan. Pilihlah yang memiliki kredibilitas, praktis, dan nyaman. Cari tahu seperti apa leasing yang baik dan memenuhi kriteria.

Kamu bisa memilih SEVA sebagai tempat pembiayaan kredit mobil baru. SEVA adalah platform dari PT Astra Auto Digital yang memberikan layanan finansial kepada para pelanggan agar dapat membeli mobil baru melalui berbagai macam pilihan produk paket pembelian kualitas Astra Finansial.

Kamu bisa melakukan simulasi pembiayaan dengan menggunakan kalkulator pembiayaan pada website SEVA. Hal ini dilakukan untuk mempertimbangkan dengan bijak sehingga kamu bisa memiliki kendaraan impian tanpa kendala di masa yang akan datang. Selain itu harapannya agar Kamu bisa merasa nyaman secara finansial meskipun masih memiliki cicilan.

Pelayanan dilakukan secara online sehingga terasa nyaman dan praktis. Terdapat 2 fitur yang sangat menarik dari platform ini yaitu Instant Approval dan Car Recomendation. Fitus Instant Approval memberikan proses pembelian mobil baru secara lebih gampang, proses yang jelas, didukung tingkat keamanan transaksi yang lebih baik. Lalu fitur kedua adalah Car Recommendation dengan memberikan konsumen beragam informasi detail, seperti perhitungan biaya dari awal.

 

  1. Siapkan uang muka dan biaya lain

Setelah itu tentunya kamu harus menyiapkan uang muka atau DP. Kisaran uang muka untuk pembelian mobil secara kredit yaitu 25 sampai 30 persen dari harga jual. Apabila ada dana tersedia, maka dianjurkan untuk membayar uang muka melebihi batas minimum yang ditentukan tersebut.

Dengan begitu cicilan per bulan bisa lebih murah dan juga akan lebih cepat lunas, sehingga keuangan kamu tak terganggu oleh besaran cicilan. Nilai cicilan juga ditetapkan oleh bunga dan tenor atau periode waktu kredit yang kamu tentukan.

Tetapi sebaiknya pastikan tenor yang di tentukan tak melebihi usia ekonomis mobil itu, biasanya sampai mobil masuk usia lima tahun. Pilihlah tenor kurang dari 5 tahun sehingga besaran cicilan kredit lebih ringan. Ketika umur kendaraan sudah 5 tahun artinya kamu harus menyiapkan biaya servis untuk perawatan berkala yang lebih besar. Jika kamu masih mencicil pada saat tersebut maka tentunya akan membuat pengeluaran bulanan kamu jadi lebih besar.

Tinggalkan komentar