Belajar Mengenal Istilah-istilah Dermatologi Bersama sehatQ.com

Anda pasti sudah cukup familiar dengan istilah dermatologi bukan? Dermatologi merupakan bidang kesehatan yang menangani kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit juga merupakan bagian yang sangat penting untuk kita semua. Cantik tidaknya kulit, akan membantu kesan cantik atau tampannya seseorang. Maka Anda bisa rutin konsultasi terkait kulit secara online maupun offline. Salah satu contohnya, Anda bisa buat janji dokter yang ada di layanan web sehatQ.com

Dalam ilmu kesehatan kulit, ada beberapa istilah yang kerap dikenal. Beberapa istilah ini juga ada yang merupakan jenis penyakit kulit. Penanganan pada kulit, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karenanya tak heran jika ada profesi spesialis dokter kulit untuk melayani masyarakat.

Beberapa Istilah Spesialis Dermatologi

Saat Anda ingin melakukan konsultasi masalah kulit, pastikan Anda tahu kemana harus pergi dan berkonsultasi. Hal ini karena subspesialis dermatologi tidak hanya satu jenis saja. Umumnya ada 7 jenis bidang dermatologi yang perlu Anda kenal. Apa saja itu? Ini dia beberapa jenisnya:

  1. Dermatologi Anak

 

Kulit anak dan orang dewasa tentu memiliki perbedaan. Maka gangguan kesehatan kulit yang dialami anak dan orang dewasa pun berbeda-beda, begitu pula dengan penanganannya. Karenanya ada istilah dermatologi anak yang secara khusus akan menangani kelainan dan gangguan pada kulit anak. Biasanya yang ditangani oleh bagian dermatologi ini adalah gangguan kulit keturunan.

 

  1. Dermatoepidemiologi

 

Subspesialis yang satu ini berkaitan dengan penanganan penyakit kulit di level populasi.

 

  1. Dermatologi Kosmetik

 

Setiap orang pasti ingin selalu terlihat cantik atau tampan dengan model kulit yang sehat dan cantik. Bidang dermatologi ini biasanya hanya menangani hal-hal terkait tampilan kulit. Tindakan yang sering dilakukan adalah seperti bedah laser dan botoks.

 

  1. Bedah Mohs

 

Bedah Mohs ini hanya dilakukan oleh dokter untuk membedah pasien yang punya sakit kanker kulit.

 

  1. Teledermatologi

 

Setiap dokter kulit pasti punya persiapan alat-alatnya sendiri. Alat-alat tersebut tentu akan dipakai olehnya untuk memeriksa kondisi kulit pasien. Nah alat-alat yang digunakan untuk proses periksa kulit inilah yang disebut dengan teledermatologi. Alat-alat yang disebut teledermatologi ini tentu merupakan alat-alat canggih berbasis teknologi kekinian.

 

  1. Dermatopatologi

 

Berbeda dengan spesialis kulit lain, dermatopatologi ini merupakan penanganan yang hanya berfokus pada bagian patologi kulit.

 

 

  1. Imundermatologi

 

Sebagai anggota tubuh makhluk hidup, kulit ternyata juga memiliki sistem kekebalannya sendiri. Gangguan pada kekebalan imunitas kulit ini biasanya disebut dengan penyakit lupus. Cabang spesialis kulit yang akan menangani jenis penyakit ini tak lain adalah imundermatologi.

Setiap istilah dermatologi di atas akan ditangani secara khusus oleh dokter kulit atau yang biasa dikenal dengan sebutan dokter dermatologi. Dalam prakteknya, dokter dermatologi juga pasti sudah dibekali oleh beberapa pelatihan yang akan menunjang kemampuannya.

Adanya pelatihan khusus ini akan membuat setiap dokter spesialis kulit jadi lebih terlatih untuk menangani berbagai jenis penyakit kulit. Lantas apa saja pelatihan yang diberikan untuk menunjang skill dokter kulit ini? Berikut adalah rinciannya:

  • Pelatihan perawatan pada infeksi di kulit. Kulit memang bagian yang sedikit sensitif untuk terkena infeksi.
  • Teknik bedah kulit juga diajarkan pada pelatihan ini. Sehingga kelak saat memperoleh pasien yang harus dibedah, dokter bisa langsung siap menanganinya.
  • Belajar mendiagnosis dan memberikan arahan pengobatan terhadap beberapa jenis penyakit kulit seperti kanker, tumor, tahi lalat dan masih banyak lagi.

Cakupan dunia dermatologi memang tak dapat dipungkiri cukup luas. Penanganannya juga harus dilakukan dengan keahlian khusus. Sehingga kulit bisa tetap menjadi komponen menarik dalam tubuh setiap orang.

Tinggalkan komentar